Wednesday, March 18, 2009

Tajmahal lambang cinta abadi


Ga' nyangka banget gue kalau ternyata salah satu keajaiban dunia yang bernama Tajmahal merupakan lambang cinta. Konon katanya tajmahal sengaja dibangun untuk mengenang istri Kaisar Mughal Shah Jahan yang amat dicintainya Arjumand Bano Begum atau Mumtaz Mahal. Arjumand bano meninggal disaat ia melahirkan yang ke-14.

Pembangunan Taj Mahal, yang berarti Istana Mahkota, diniatkan untuk menjadi bangunan yang saat itu belum pernah ada di dunia dan akan selalu dikenang sepanjang masa. Taj Mahal berdiri kokoh di Agra, sebuah kota kecil di Negara Bagian Uttar Pradesh yang berjarak sekitar 200 kilometer di selatan New Delhi, India. Mahakarya manusia yang masih dikagumi hingga kini itu merupakan kompleks pemakaman yang dibangun dengan memadukan gaya arsitektur Persia, Turki, Islam, dan India.

Monumen ini dibangun oleh 20.000 pekerja . Kompleks Taj Mahal berada di tepi Sungai Yamuna dan memiliki lima bagian utama, yaitu darwaza (gerbang utama), bageecha (taman), masjid, naqqar khana atau jawab (rumah peristirahatan), dan rauza (musoleum) sebagai pusat dari seluruh bangunan yang ada. Dinding utama bangunan dihiasi dengan kaligrafi ayat-ayat suci Al Quran serta ukiran dengan motif-motif geometris dan bunga. Setelah 4 abad berdiri, Taj Mahal tetap dikagumi seluruh dunia. Bahkan, statusnya sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia tetap bertahan melintasi ruang dan waktu.

No comments:

Post a Comment